Powered By Blogger

Selasa, 02 Juli 2013

kelompok refern




1.      PENGARUH LINGKUNGAN
A.    KELOMPOK REFERN
B.     KELUARGA
Kelaurga mempunyai peran penting dalam perlaku konsumen. Konsumen sebagai anggota keluarga yang sering berinteraksi dengan anggota keluarga lain, perilakunya secara tidak langsung dipengarui oleh hasil unteraksi tersebut. Kelauaga mempengaruhi proses pembelajaran, sikap, persepsi dan perilaku orang-orang yang ada di dalammya. Oleh Karen itu konsumen secara langsung atau tidak langsung sangat dipengaruhi oleh keluarga.[1]
Keluarga ditinjau dari perseptif lingkungan pengambilan keputusan, merupakan unit kecil pusat pengambilan keputusan konsumen. Pembelian suatu produk sangat dipengarui oleh musyawarah.  Jadi kelaurga merupakan kelompok yang mempunyai pola pengambilan keputusan kompleks karena melibatkan banyak anggota keluarga. [2]
C.    BUDAYA DAN LINTAS BUDAYA
Menurut Hawkins, et al (2007:43) budaya diartikan sebagai komplek yang menyeluruh yang menyakup pengetahuan, keyakinan, seni, hukum, moral, kebiasaan dan kapabilitas lainnya serta kebiasaan-kebiasaan yang dikuasai oleh induvidu sebagai anggota masyarakat. Dalam konteks pemahaman budaya dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen buday didefinisikan sebagai keseluruhan dari kenyakinan, nilai dan kebiasaan yang dipelajari oleh suatu kelompok masyarakat tertentu yang membantu mengarahkan perilaku konsumen.[3]

D.    SUB KULTUR
Dalam sitiap budaya terdapat kelompok-kelompok yang lebih kecil dimana memberikkan sosialisasi dan identifikasi lebih spesifik bagi para anggotanya. Kelompok-kelompok ini yang disebut sub-budaya, dimana disalamnya terdapat sekelompok orang tertentu dalam sebuah masyarakat yang sama-sama memiliki makna budaya yang sama untuk tanggapan afeksi dan kognisi (reaksi emosi, kepercayaan, nilai dan sasaran), perilaku (adat istiasat, ritual, dan objek-objek yang penting). [4]
Setidanya ada 3 efek utama mungkin dipelajari.
1.      Budaya mempengaruhi struktur konsumsi-institusi-institusi yang tersedia untuk pemasaran.
2.      Budaya mempengaruhi bagaimana induvidu mengambil keputusan.
3.      Budaya adalah variabel utama di dalam penciptaan dan komunikasi makna didalam produk.


[1] Tatik suryani.perilaku konsumen.( Yogyakarta: Graha Ilmu,2008). Hal 236
[2] Ibid.perialku konsumen. Hal 236
[3] Ibid.perialku konsumen. Hal 285
[4] Nugroho, j, setiadai.Perilaku Konsumen.(Jakarta:Kencana.2008). hal 357

Tidak ada komentar:

Posting Komentar