Powered By Blogger

Rabu, 12 Juni 2013

study kelayakan bisnis aspek pemasaran




C.   Analisis Kelayakan Pemasaran

Dalam melakukan analisis Permintaan, kami menggunakan model matrik pembobotan berskala 1 – 5.
Keterangan :
Sangat lemah   : 1
Lemah             : 2
Sedang                        : 3
Kuat                : 4
Sangat kuat     : 5

No
Item yang dinilai
Kriteria penilaian
Sangat lemah
Lemah
Sedang
Kuat
Sangat kuat
1
SDM


×


2
Pesaing



×

3
Konsumen


×


4
Teknologi

×



5
Mode/Trend

×



6
Armada Pemasaran

×



7
Harga


×


8
Promosi


×


9
Distribusi


×


10
Mutu Bimbingan

×



11
Peraturan Pemerintah





12
Lingkungan Bisnis


×


13
Rencana Pemasaran



×

14
Margin Laba



×

15
Ketersediaan Modal



×

16
Pangsa Pasar



×

17
Manajemen Pemasaran


×


       Total Bobot
0
8
21
20


Interval = Nilai tertinggi dari interval – Nilai terendah dari interval
Jumlah Kelas
= 5 – 1
       5
= 0,8

1,00 – 1,80  = Sangat tidak layak
1,81 – 2,60  = Tidak layak
2,61 – 3,40  = Sedang
3,41 – 4,20   = Layak
4,21 – 5,00  = Sangat layak

Untuk mengetahui layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat
dicari dengan rumus :
Kelayakan usaha =                 Tatal bobot
Jumlah item yang dinilai
     =    49/16
     =     3.1
Berdasarkan hasil yang diperoleh sebesar  3,1  maka usaha BMS dari sisi pemasaran dikatakan layak karena masuk pada range 2,61 – 3,40

E.  Analisis Persaingan
Untuk melakukan analisis terhadap kondisi persaingan pada usaha BMS Syariah  ini maka kami menggunakan analisis Matrik Persaingan, yaitu dengan cara :
a.       Membandingkan usaha satu dengan usaha lain yang sejenis pada factor persaingannya, semakin bagus maka semakin tinggi skornya.
Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5.
b.      Dengan membandingkan tingkat kepentingan dari masing – masing factor. Semakin penting, maka skornya semakin tinggi. Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5 .
Tabel Matrik Analisis Tingkat Persaingan
Faktor persaingan
BMS SYARIAH
BANK BTN
A
B
A.B
A
B
A.B
Harga
2
3
6
3
4
12
Kualitas
3
3
9
4
5
20
Promosi
4
3
12
4
5
20
Jasa khusus
3
3
9
4
4
16
Peayanan
4
4
16
4
4
16
Suasana
3
2
6
5
4
20
Lokasi
4
3
12
4
5
20
Kekuatan relatif


70


124

Berdasarkan pada table matrik analisis tingkat persaingan, maka dapat disimpulkan bahwa usaha BMS Syariah  menduduki pada peringkat kedua dari Bank BTN  untuk kekuatan semua faktor. Oleh karena itu harus ada pembenahan dan evaluasi terhadap  seluruh aspek diatas baik  dari segi oprasional dan managemen.

F.  Program Pemasaran
·         Tingkat Pelayanan
            Dalam memasarkan Bank BMS kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan nasaba tabungan, deposito, pembiayaan dan juga pengambilan tunai.
·         Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami bagi hasil yang relatif sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
·         Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melaluai promosi di pamflet dan spanduk serta melalui dakwah-dakwah, nasabah ketemennya dan juga dari mulut ke mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar