1. PENGARUH LINGKUNGAN
A.
KELOMPOK
REFERN
B.
KELUARGA
Kelaurga
mempunyai peran penting dalam perlaku konsumen. Konsumen sebagai anggota
keluarga yang sering berinteraksi dengan anggota keluarga lain, perilakunya
secara tidak langsung dipengarui oleh hasil unteraksi tersebut. Kelauaga
mempengaruhi proses pembelajaran, sikap, persepsi dan perilaku orang-orang yang
ada di dalammya. Oleh Karen itu konsumen secara langsung atau tidak langsung sangat
dipengaruhi oleh keluarga.[1]
Keluarga
ditinjau dari perseptif lingkungan pengambilan keputusan, merupakan unit kecil
pusat pengambilan keputusan konsumen. Pembelian suatu produk sangat dipengarui
oleh musyawarah. Jadi kelaurga merupakan
kelompok yang mempunyai pola pengambilan keputusan kompleks karena melibatkan
banyak anggota keluarga. [2]
C.
BUDAYA
DAN LINTAS BUDAYA
Menurut
Hawkins, et al (2007:43) budaya diartikan sebagai komplek yang menyeluruh yang
menyakup pengetahuan, keyakinan, seni, hukum, moral, kebiasaan dan kapabilitas
lainnya serta kebiasaan-kebiasaan yang dikuasai oleh induvidu sebagai anggota
masyarakat. Dalam konteks pemahaman budaya dan pengaruhnya terhadap perilaku
konsumen buday didefinisikan sebagai keseluruhan dari kenyakinan, nilai dan
kebiasaan yang dipelajari oleh suatu kelompok masyarakat tertentu yang membantu
mengarahkan perilaku konsumen.[3]
D.
SUB
KULTUR
Dalam sitiap budaya
terdapat kelompok-kelompok yang lebih kecil dimana memberikkan sosialisasi dan
identifikasi lebih spesifik bagi para anggotanya. Kelompok-kelompok ini yang
disebut sub-budaya, dimana disalamnya terdapat sekelompok orang tertentu dalam
sebuah masyarakat yang sama-sama memiliki makna budaya yang sama untuk
tanggapan afeksi dan kognisi (reaksi emosi, kepercayaan, nilai dan sasaran),
perilaku (adat istiasat, ritual, dan objek-objek yang penting). [4]
Setidanya ada 3 efek
utama mungkin dipelajari.
1. Budaya
mempengaruhi struktur konsumsi-institusi-institusi yang tersedia untuk
pemasaran.
2. Budaya
mempengaruhi bagaimana induvidu mengambil keputusan.
3. Budaya
adalah variabel utama di dalam penciptaan dan komunikasi makna didalam produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar