A. Sikap
dalam perilaku konsumen
Sikap
menurut Allport adalah suatu predisposisi yang dipelajari untuk merespon
terhadap suatu obyek dalam bentuk rasa suka atau tidak suka.
Teori
tiga komponen sikap yaitu :
1. Komponen
Kognitif
Komponen
kognitif berkenaan dengan hal-hal yang diketahui individu atau pengalaman
individu baik yang sifatnya langsung atau tidak langsung dengan obyek sikap.
2. Komponen
Afektif
Komponen
afektif berkenaan dengan perasaan dan emosi konsumen mengenai obyek sikap, bisa
beragam ekspresinya mulai sangat tidak suka sampai sangat suka.
3. Komponen
Konatif
Komponen
konatif berkenaan dengan predisposisi atau kecenderungan individu untuk
melakukan suatu tindakan dengan obyek sikap, jadi komponen konatif ini baru
sebatas keinginan belum tindakan nyata.
Jika
counter yang jadi obyek penelitian dalam analisis prilaku konsumen, maka
komponen kognitif yang perlu ditanyakan ialah tentang pengetahuan para konsumen
terhadap obyek (counter) yang dituju, entah itu pengetahuan konsumen terhadap
obyek dari keluarga, teman, dan pengalamannya konsumen itu sendiri.
Komponen
afektif dalam obyek counter yaitu kelanjutan dari komponen kognitif yaitu
perasaan yang menyelimuti konsumen terhadap obyek. Untuk mengetahui komponen
afektif kita harus menganalisis perasaan konsumen terhadap counter tersebut apakah
puas jika membeli sesuatu di counter itu. Bisa juga pada masalah pelayanan di
conter tersebut berpengaruh pada kepuasan konsumen.
Pada
komponen konatif bisa di lihat dari kebutuhan
para konsumen terhadap sesuatu yang dicari atau dibutuhkan pada obyek
(counter). Berawal dari keinginan inilah konsumen melakukan tindakan pembelian
sesuatu yang dituju oleh konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar